Langkah-Langkah Pindah Rumah


Pindah rumah baru adalah hal yang menyenangkan. Bukan hanya mengenai lingkungan baru, tetapi juga menjadi harapan kehidupan yang lebih baik. Namun di balik itu tersimpan kerepotan yang luar biasa. Ya, tak heran banyak yang merasa malas untuk memulai. Nah jika hunian baru telah siap, segera tetapkan hari untuk pindahan. Biar tak terlalu merepotkan berikut langkah demi langkah sebelum Anda pindah rumah.



Sebulan Sebelumnya
Beritahu pihak bank, asuransi, dan perusahaan lain yang biasanya mengirim surat tagihan atau pemberitahuan kepada Anda sekeluarga soal rencana Anda pindah rumah. Jangan lupa berikan alamat tempat tinggal Anda yang baru. Jangan lupa urus surat pindah ke kantor pemerintah.

Hubungi perusahan jasa angkutan pindah, jika Anda berencana membutuhkan jasa mereka. Jika tidak, cari mobil pengangkut barang-barang Anda.

Bersihkan seluruh rumah baru Anda, dari mulai ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur, hingga kamar mandi. Singkirkan barang-barang yang nantinya tidak berguna. Ada baiknya Anda juga mulai merapikan taman hingga saat hari H rumah tidak terlihat berantakan. Cek instalasi telepon, air, dan listrik. Panggil tukang jika ada masalah.

Tiga Minggu Sebelumnya
Mulai melakukan pengepakan barang yang akan dibawa ke rumah baru. Lakukan mulai dari barang-barang yang sudah tidak digunakan untuk hari-hari ke depan hingga Anda pindah. Lakukan secara bertahap hingga semua berang masuk kardus. Buang barang-barang yang sudah tidak berguna dan Anda pakai lagi. Setelah pengepakan, lakukan pelabelan dan invetarisi kardus hingga Anda mudah jika kelak mencarinya.

Bersihkan kamar dan ruangan sebelum Anda pergi.

Seminggu Sebelumnya
Cek dan konfirmasi perusahaan jasa pindah atau perusahaan yang menyewakan mobil pengangkut. Beritahu tetangga dan pengurus RT  lama bahwa Anda akan pindah. Selain pamit Anda sebaiknya meberikan alamat rumah baru, siapa tahu ada surat atau orang mencari Anda di alamat lama. Tentukan menu makanan saat akan pindah.

Saat Hari H
Inventero dan ceck list barang-barang yang sudah masuk ke truk atau mobil pengangkut. Pastikan semua barang sudah terangkut. Awasi saat pengangkutan barang-barang khususnya barang-barang mudah pecah,  hewan pelihatraan, dan barang anak-anak. Tempatkan barang-barang tersebut  berada dalam posisi yang aman di dalam truk.

Buka semua pintu dan jendela saat Anda memasukkan barang-barang ke rumah baru. Mulailah membuka satu-satu dus barang Anda dan menatannya sesuai yang Anda rencanakan. Jika semua sudah selesai, luangkan waktu sejenak untuk mencoba. Rasakan apakah penataan furnitur sudah nyaman dan sesuai keinginan Anda.. jangan lupa, sebagai pengguni baru, Anda sebaiknya berkenalan dengan tetangga dan melapor ke pengurus RT atau RW.

Selamat berpindah tanpa repot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
@Design by ©Copyright Jasa Pindahan
Kav. Setia Budi Rt 01 / 09 N0. 44, Kreo. Larangan, Tangerang.
Telp / Hp : 02144772786 / 081388167248